Sidoarjo – Pada hari Kamis (1 Oktober 2009) kemarin aku dan Karo Kelola SDH melakukan pengecekan lapangan terkait rencana pemborongan tanaman untuk reklamasi lahan bekas tambang PT. Semen Gresik (Persero) Tbk (PTSG, red) di BKPH Merakurak KPH Tuban. Pengecekan tersebut karena adanya proposal dari KPH Tuban yang diajukan ke PTSG terkait rencana reklamasi pada lahan bekas tambang.

Setelah meninjau langsung lokasi dan berdiskusi dengan pihak PTSG ternyata dari hasil pengamatanku tanah lokasi bekas tambang sama sekali tidak ada bahan organiknya, pihak KPH menyebubtnya dengan tanah mentah. Untuk melakukan reklamasi juga harus diperlukan perlakuan khusus agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan baik.

Pemilihan jenis pioner dirasa perlu karena memang lokasi-nya boleh aku sebut sangat kritis, disamping juga jenis-jenis yang asli juga harus dipertimbangkan tentunya jenis yang tahan terhadap tanah-tanah kurus, bayangkan saja mungkin kadar bahan organik yang ada ditanah tersebut sangat rendah sekali dan yang paling banyak ada kadar kapur (CaCO3).

Disamping pemilihan jenis yang cocok dengan tanah yang memiliki bahan organik yang rendah, teknik penanaman juga harus menjadi perhatian, sistem potting adalah menjadi solusi yang terbaik, tentunya dengan ukuran potting yang dibuat harus mampu menjamin ketika tanaman sudah besar, tanah-tanah yang ada disekitar potting tersbut sudah terurai.

PTSG-pun sebenarnya sudah melakukan reklamasi sendiri dengan menanam beberapa jenis pohon seperti mahoni, mangga, sukun, sengon buto dan jenis-jenis lainnya, tentunya usaha yang dilakukan adalah ekstra keras karena harus disiram dalam beberapa hari sekali.

Sekarang mekanisme penyempurnaan proposal sedang digarap oleh KPH Tuban semoga dalam beberapa minggu mendatang dapat selesai karena musim tanam segera datang, berdasarkan prakiraan BMG Bandara Juanda musim hujan mulai merata di Jawa Timur sekitar bulan Desember.

Incoming search terms:

reklamasi lahan bekas tambang (25); lahan bekas tambang (17); Group PT semen Gresik Jatim (16); jenis-jenis tanah (16); proposal reklamasi lahan kehutanan (12); reklamasi tambang batu gamping (1); rencana reklamasi/ (1);